Back

KFC Indonesia dan Komunitas 1000Guru Perluas Wilayah Smart Center Project Ke Berbagai Wilayah Pedalaman Indonesia

KFC Indonesia dan Komunitas 1000Guru Perluas Wilayah Smart Center Project  Ke Berbagai Wilayah Pedalaman Indonesia

SUMBA, 8 September 2017 – PT Fastfood Indonesia (KFC Indonesia) memperkuat dukungannya terhadap pendidikan di pedalaman Indonesia dengan memperluas jangkauan Smart Center Project Komunitas 1000 Guru di 35 sekolah dasar yang meliputi 4.000 siswa di berbagai wilayah pedalaman Indonesia. Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, KFC Indonesia menyerahkan donasi kepada Komunitas 1000 Guru yang dananya merupakan gabungan dari kontribusi konsumen melalui pembelian produk KFC dengan dana kegiatan sosial KFC. Melalui dana tersebut, KFC Indonesia ingin turut membantu Komunitas 1000 Guru dalam pelaksanaan program pengentasan tuna aksara, penyediaan makanan bergizi bagi anak-anak di pedalaman Indonesia, dan pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan mengajar. Selain dukungan terhadap Smart Center Project, KFC Indonesia juga memberikan bantuan berupa pembangunan satu ruang kelas serta sarana air bersih di SDN Mata Wa Matee di wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Hendra Yuniarto, General Manager Marketing KFC Indonesia, “Pendidikan merupakan salah satu fokus dari program sosial KFC. Oleh karena itu KFC Indonesia berkomitmen untuk melanjutkan dukungannya kepada Smart Center Project yang dijalankan Komunitas 1000 Guru dimana kerja sama ini telah kami lakukan sejak tahun lalu yang dimulai dengan sekitar 700 anak di 10 sekolah dasar di pedalaman Nusa Tenggara Timur. Di usia KFC Indonesia yang ke-38 tahun ini, KFC Indonesia akan membantu komunitas 1000 Guru untuk menjangkau sekitar 4.000 anak dalam program tersebut dan memperluas wilayah bantuan dari Indonesia barat hingga ke Indonesia timur.”

Jemi Ngadiono, Penggagas Komunitas 1000Guru mengungkapkan,”Smart Center Project pertama kali kami laksanaan pada tahun 2015 setelah kami melihat banyak sekali sekolah dan murid-murid di pedalaman Indonesia yang sangat memprihatinkan kondisinya. Tingkat tuna aksara cukup tinggi dimana tidak jarang murid kelas 6 SD yang belum lancar baca tulis sementara mereka akan menghadapi ujian sekolah. Disamping itu banyak juga guru yang kompetensi mengajarnya perlu ditingkatkan karena mereka hanya lulusan SMA. Belum lagi persoalan kebutuhan gizi mereka yang belum cukup untuk dapat membantu mereka berkonsentrasi menerima pelajaran. Sejak kami menjalankan Smart Center Project kami menerima laporan dari sekolah-sekolah bahwa pemberian makanan bernutrisi di sekolah membantu anak-anak mendapatkan sarapan yang lebih baik sehingga mereka dapat lebih berkonsentrasi dalam belajar serta angka kehadiran murid di sekolah semakin tinggi.”

“Melalui program yang kami berikan di Smart Center Project, kami berharap lebih banyak anak-anak di pedalaman yang terlengkapi kebutuhan gizinya sehingga mereka semakin rajin ke sekolah dan tingkat kemampuan baik murid-murid maupun guru pengajar juga meningkat,” tambah Jemi.

Setelah sebelumnya Smart Center Project KFC Indonesia – 1000 Guru meliputi 10 sekolah di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur, kali ini KFC Indonesia & 1000 Guru membuka 35 sekolah di wilayah Nusa Tenggara Timur, Sumba Barat, Sumba Timur, Labuan Bajo, Flores, Lombok, Maluku Utara, Sulawesi Selatan (Goa), Sulawesi Tengah (Poso), Sulawesi Selatan (Toraja), Samarinda, Manado, Kalimantan Tengah (Palangkaraya), Kalimantan Barat, Riau, Mentawai, Papua, Balikpapan, Purwokerto, dan Yogyakarta.

“KFC memilih berkolaborasi dengan Komunitas 1000 Guru karena selain komunitas ini mewakili kepedulian anak muda terhadap dunia pendidikan di Indonesia serta secara bersamaan mencoba untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi anak-anak sehingga mereka bisa mencapai potensi dan cita-cita mereka. Program ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial KFC Indonesia yang salah satu fokusnya adalah pendidikan,” ungkap Hendra saat mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan murid-murid di sekolah SDN Mata Wa Matee di wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Pada kunjungannya, selain meletakkan batu pertama pembangunan ruang kelas, KFC Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan mengajar bersama relawan Komunitas 1000Guru yang datang dari beragam latar belakang profesi. Mengajarkan pengetahuan umum kepada seluruh murid-murid di sekolah tersebut dan juga memberikan makanan bergizi. Dalam kegiatan ini, KFC Indonesia juga melibatkan konsumen dimana KFC mengundang KFC Lovers untuk mengirimkan cerita mereka tentang kepedulian terhadap pendidikan, dan cerita yang paling menarik berhak mengikuti kegiatan Travel & Teaching bersama KFC Indonesia dan 1000 Guru di Sumba.

Selain berfokus pada pendidikan terutama pendidikan anak-anak pedalaman, KFC Indonesia juga melaksanakan program kegiatan sosial yang berfokus pada lingkungan hidup yaitu edukasi pengurangan pemakaian sedotan plastik sekali pakai guna membantu upaya mengurangi sampah di laut melalui program #Nostrawmovement