Back

KFC Terus Gunakan dan Jaga Kualitas Bahan Baku Lokal

KFC Terus Gunakan dan Jaga Kualitas Bahan Baku Lokal

KFC sejak awal terus berusaha mendekatkan diri dengan budaya dan kebiasaan setiap negara. Tidak hanya mengadaptasi menu-menu setempat, KFC juga menghadirkan bahan-bahan lokal dalam produknya dengan tetap mempertahankan ciri Amerika-nya lewat resep rahasia yang dimiliki.

Di Indonesia contohnya, KFC kemudian melakukan penambahan menu-menu yang dikenal di Indonesia seperti nasi dan perkedel. Sejak saat itu pula KFC mencoba memasukkan kandungan lokal pada bahan baku produknya.

CEO PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) Eric Leong mengatakan bahan baku lokal yang diserap KFC Indonesia terbilang cukup besar. Mulai dari daging ayam segar, beras, sayuran juga aneka saus yang mendampingi menu KFC.

"Kami senang dan bangga bahan baku asal Indonesia memiliki kualitas yang tinggi, tidak kalah dengan bahan baku import," ujar Eric dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

Sebagai pemegang waralaba KFC Indonesia, dia memastikan bahan baku ayam segar diperoleh dari berbagai peternak yang menjadi pemasok resmi KFC Indonesia dengan standar mutu yang terus dijaga. Selain daging ayam segar, saat ini KFC Indonesia juga menyerap beras organik, sayur-sayuran, juga bumbu pendamping seperti saus tomat dan saus sambal.

Penggunaan bahan lokal dalam produk KFC dilakukan agar harganya tetap terjangkau, dan relatif tetap segar saat diolah dan dikonsumsi konsumen. Dia menegaskan KFC tidak sembarangan menggunakan bahan baku lokal, hanya yang memenuhi standar kualitas yang menjadi pilihan dan digunakan.

Kepada calon pemasok bahan baku, PT FFI sebagai pemegang waralaba KFC Indonesia menjalankan uji kualitas yang ketat dan berkala agar produk KFC dapat memberi kepuasan lebih kepada konsumen. Selain itu, PT FFI juga melakukan edukasi dan pelatihan bagi pemasok, terutama dalam hal penyimpanan dan pengiriman bahan baku.

Menurut Eric, kehadiran bahan baku lokal sangat dibutuhkan oleh KFC. Di saat krusial seperti di masa pandemi saat ini, bahan baku lokal menjadi penopang utama ketersediaan bahan baku. Pasalnya di masa pandemi, bahan baku import menjadi lebih sulit diperoleh karena pembatasan keluar masuk barang suatu negara.

"Kami bersyukur KFC Indonesia relatif tidak mengalami kesulitan seperti itu karena kami menggunakan bahan baku lokal dimana standar kualitasnya telah kami jaga sejak lama," pungkasnya.